Wisata Kedah Gayo Lues Sajikan Panorama, Hutan dan Keasrian

0
288
Published by Ilang Using Ijo

Gayonese Documentary, Gayo Lues – Perkembangan pariwisata di setiap daerah maupun dunia semakin pesat mengikuti perkembangan zaman, beberapa  diantaranya dikelola oleh pemerintah dan dinas tertentu, ada juga yang dikelola oleh masyarakat secara mandiri. Hal tersebut tak terlepas dari pertimbangan akan adanya potensi daerah dan nilai ekonomi didalamnya bila terkelola dengan baik.

Kedah misalnya, perkampungan yang berada di Desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues sudah dikenal dewasa oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sejak tahun 70-an. Pasalnya desa ini memiliki beberapa tempat yang sempat tenar di masanya, masing-masing memiliki pesona yang berbeda yang bisa memanjakan penikmatnya. Tempat itu adalah Bungalow (Raintforest Kedah), Coffee Shop Kedah (Kolam Love), Lestari Ayu, Kolam Renang, dan Menara Pandang (Lapangan Pramuka).

  1. Bungalow (Rainforest Lodges Kedah)
Dok. Aceh Intern’ Tourism

Tempat ini adalah surganya pelancong lokal maupun mancanegara, baik mereka yang sekedar menikmati keasrian alam atau sekaligus menguji adrenalin dan pengetahuan flora dan fauna hutan yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dengan Trekking yang dipandu oleh guide lokal. Lokasi tempat ini berada dalam hutan, untuk menjangkaunya dari perkampungan Kedah berjarak sekitar 1.5 kilometer. Meski bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua, anda disarankan untuk berjalan kaki sebab disitulah salah satu sensasinya.

Selain itu anda akan menikmati aliran sungai yang bersumber langsung dari hutan TNGL, sungai ini juga dijadikan warga setempat untuk berbagai keperluan, termasuk sumber air PAM ke beberapa kecamatan. Disini juga tersedia beberapa penginapan, biasa diperuntukan untuk Wisman yang bermalam disini. Ditengah bangunan terdapat beragam bunga dan satu batu besar, masyarakat setempat menamakannya “atu tapa”, selebihnya anda bisa berkunjung dan jelajahi sendiri yah, eits.. jangan lupa berbagi pengalaman disini, kolom komentar juga boleh.

  1. Coffee Shop Kedah (Kolam Love)
Dok. lintasgayo.co

Tempat ini hampir seusia dengan Bungalow, lantas apa saja beda dan sensasinya jika berkunjung kesini? Mari kita ulas. Dikatakan hampir seusia, karena pada zamannya tempat ini dijadikan sebagai pintu masuk Bungalow, nah tempat ini dulu tersedia kantin dan tempat memarkirkan kenderaan. Karena jam terus berputar, haripun berganti hari, bulan ke bulan, sampai berganti tahun akhirnya semakin familiar dan ramai dikunjungi. Seiring itu tempat ini juga dikelola perlahan dengan menambah tempat rekreasi guna memanjakan pengunjung.

Nah karena tempat ini dikelola di lahan milik pribadi, jadi pengunjung diharuskan membayar biaya retribusi untuk mengeksplore tempat ini. Disini terdapat kolam pancing, kolamnya menyerupai bentuk “LOVE” dengan air biru yang bersumber dari hutan TNGL. Selain itu lokasi ini terdapat beberapa spot foto yang dapat memanjakan mellenials kayak kamu, iya kamu.

  1. Lestari Ayu Kedah
Published by Ilang Using Ijo

Yups! sesuai namanya Ayu yang berarti baru, sementara Lestari agar manusia dan lingkungannya dapat menjaga dan hidup berdampingan untuk memberikan kemakmuran, dengan kata lain tetap mempertahankan keadaan alam seperti semula. Objek wisata satu ini bisa dikatakan masih belia dan imut-imutnya saat ini karena belum genap berumur satu tahun. Berbekal pengalaman sebagai pengelola objek wisata serta pemandu (guide) di bawah naungan Unit Manajemen Leuser (UML) tahun 90-an, Zulkifly warga Kedah berinisiatif menjadikan lahan yang ditumbuhi semak belukar menjadi tempat rekreasi atau wisata keluarga.

Kendati terbilang baru, tempat ini mulai mendapat lirikan dari berbagai kalangan masyarakat sebagai referensi liburan dan tempat pelepas penat. Lokasinya yang berada pinggiran tebing memberikan panorama pemandangan yang indah dikala senja. Sepanjang tebing terdiri beberapa tangga warna-warni untuk menuruni tebing ke sungai yang mengalir jernih dibawah tebing, jalan tangga ini diberi nama “Jl. Lekok Liku”, nah siapkan tenaga jika ingin menuruni maupun menaiki tangga ini serta berhati-hati tentunya.

Bagaimana dengan air? Nah yang satu ini masing-masing individu maupun kelompok mempunyai persepsi yang berbeda, pun demikian penggunaannya. Ada yang menggunakan aliran sungai sebagai tembat bermain dengan anak-anak, sekedar berfoto, dan bersih-bersih makanan yang mereka bawa untuk disantap bersama (makan bersama), tentunya airnya tak akan habislah hehe. Untuk makan bersama lokasi ini sangat strategis, lapangan luas dan dapat menggelar tikar di bawah pepohonan yang berada di samping aliran sungai. Banyak rombongan menjadikan lokasi ini sebagai tempat rekreasi.

Published by Ilang Using Ijo

Oke, beralih lagi ke atas dimana tempat menikmati pemandangan ditemani angin sepoi-sepoi. Disini juga tersedia kantin, anda dapat memesan minuman ringan kemasan maupun makanan dan minuman cepat saji. Area ini tersedia tempat parkir, spot foto, tempat bersantai dan juga bermain untuk anak-anak.

Nah bagi anda yang akan berkunjung kesini cukup mengikuti petunjuk jalan, dari jalan ber-aspal akan ada pamflet yang mengarahkan jalan selanjutnya, jaraknya hanya berkisar 100-150 meter saja. Untuk masuk, pengunjung dikenakan biaya retribusi Rp. 5.000/motor  dan Rp. 15.000/mobil. Selebihnya tinggal holiday!

Follow dan lihat foto-foto lainnya di: @lestariayu.kedah

  1. Kolam Renang Wisma Kedah

Ya dulu ini sempat beroperasi dan terbuka untuk umum, sayangnya belakangan ini kena musibah kebakaran. Tempat yang tersedia kolam renang ini  menjadi naungan Pemkab Gayo Lues sekarang sudah selesai direnovasi pasca kebakaran dan belum dioperasikan kembali.

  1. Menara Pandang (Lapangan Pramuka)

Lokasi ini baru saja siap dibangun untuk tahap pertama, meski belum dibuka resmi untuk umum sudah banyak generasi melenial yang menjejaki tempat satu ini. Dari atas menara kita akan dimanjakan pemandangan kebun warga dan perkampungan serta kabut awan yang menyelimuti daerah tersebut. Semoga lokasi baru ini terhindar dari tangan-tangan jail ya, kita harapkan dapat menjadi destinasi wisata baru nantinya.

*Tulisan ini masih jauh dari kata sempurna, beberapa informasi masih kurang di setiap tempat, anda dapat berbagi informasi lainnya mengenai tempat-tempat di atas dengan mengirim email ke: web.gallerygayo@gmail.com atau menulis di kolom komentar, berijin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here