Surga Kopi Ada di Aceh

0
394

Gayonese Documentary, Aceh, kita kenal sebagai kota dengan julukan “Serambi Mekkah”. Aceh adalah kota penuh ragam cerita. Ada banyak keunikan yang bisa kita ceritakan dari kota tersebut. Mulai dari budaya,adat istiadat, keindahan alam, tata kelola pemerintahan, dan kuliner khas.

Bicara soal kuliner, tampaknya kurang afdhol jika kita tidak membicarakan kopi. Aceh sebagai salah satu sentra produksi kopi arabika terbesar  di Indonesia, bahkan di Asia. Dan kualitasnya pun sudah diakui hingga level dunia. Sebutan kopi yang mendunia itu kita kenal sebagai “Kopi Gayo”.

Menariknya, Aceh sendiri memiliki 60 varietas kopi. Sebagai contoh, ada varietas Gayo 1, Gayo 2, Gayo 3, Longberry, Ateng Pucuk Merah. Dan tentunya masih banyak lagi varietas yang tak mungkin saya sebut satu demi satu. kesemua varietas kopi disana memiliki karakter masing-masing. Selalu ada kekhasan setiap cangkir dari kopi yang kita sesap.

Kenikmatan Kopi Gayo tidak terlepas dari keberadaan alam disana. Kondisi alam berupa dataran tinggi memberikan pengaruh besar terhadap kualitas dari aroma dan rasa kopi yang dihasilkan. Saat merasakan kenikmatan Kopi Gayo, kita tidak bisa hanya melihat kenikmatan itu dihasilkan oleh alam dataran tinggi. Lebih dari itu, ada petani yang merawat tanaman kopi dengan penuh cinta hingga kopi itu menjadi yang terbaik. Sangat dianjurkan para pencinta kopi untuk mengunjungi Aceh, karena tiap jengkal tanahnya bak taman firdaus  yang menyediakan kopi nikmat.

Dari coretan di atas, apakah kalian belum tertarik untuk menikmati Kopi Gayo bersama alam dan petaninya? Jika masih belum, bacalah syair dari Fikar W Eda agar kalian terprovokasi.

“Di Gayo//Kopi adalahnafas kehidupan//Dituang dalam cangkir harapan//Kopi juga nafas cinta//Diminum penuh gelora//Dari bibir cakrawala//Ayo seduh kopi//Kita teguk dunia!//Dunia!//Dunia!”.[]

Penulis adalah mahasiswa yang memeluk kopi dikala stress tugas. Beralamat di Dengkeng, RT 02 RW 10, Bakalan, Jumapolo, Kabupaten Karanganyar. Jateng Indonesia (Email: teguhwaluyo17@gmail.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here