Rekomendasi Wisata di Takengon Favorit

0
70
instagram.com/mardan_syahputra

Gayonese Documentary – Ingin mencari liburan di daerah baru yang tidak pernah kamu kunjungi sebelumnya? Bagaimana bila kalian mencoba asyiknya wisata di kota Takengon, Aceh.

Kota Takengon sendiri merupakan ibu kota dari Kabupaten Aceh Tengah. Kota tersebut berada di tengah-tengah wilayah provinsi Aceh dengan struktur dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih mencapai 1200 mdpl. Hawa sejuk dan pemandangan indah sudah pasti akan kamu rasakan, bila kamu mengunjungi wisata Takengon ini.

1. Danau Laut Tawar
instagram.com/mardan_syahputra

Tidak perlu dipungkiri lagi, Danau Laut Tawar Kota Takengon merupakan salah satu tempat wisata unggulan bila kamu berada di Aceh. Biasanya, objek wisata di Takengon ini juga disebut Danau Lut Tawar bagi masyarakat sekitar suku Gayo.

Selain keindahan panoramanya, objek wisata di Takengon ini juga memegang peranan penting kehidupan masyarakat di Aceh karena merupakan sumber air dari hampir setengah penduduk Aceh. Wisata Takengon ini, menampilkan keindahan alam dengan perbukitan yang hijau dan nuansa danau laut yang berwarna kebiruan.

Selain banyak spot foto yang instagramable yang dapat kamu kunjungi di sekitaran danau, destinasi wisata Takengon inipun membuat pikiran kita lebih rileks dan nyaman. Cocok sekali untuk liburan keluarga, pasangan atau solo traveling untuk jauhi penatnya ibu kota dan mencoba dekat dengan alam.

2. Tambatan Perahu, Kampung Lot Kala
instagram.com/arifbulek

Selain Danau Laut Tawar, kota Takengon juga mempunyai wisata yang tak kalah populer di awal tahun ini. Yaitu, Tambatan Perahu di daerah Kampung Lot Kala. Di kawasan Kala, Kebayakan ini, kamu akan disuguhi tulisan besar saat kamu memasuki wisata Takengon satu ini. Kamu sekeluarga bisa berfoto dengan background tulisan besar ‘Tambatan Perahu Lot Kala’.

Setelah itu, kamu bisa menikmati pemandangan tepi danau yang dikelilingi beberapa perahu kecil. Foto di pinggir danau kawasan wisata Takengon ini akan lebih menarik karena terdapat dermaga cantik yang dihiasi ornamen kayu dengan wadah menyerupai sangkar burung di setiap sudut lampu yang dipasang. Berfoto pada saat cuaca cerah akan menghasilkan kesan indah dan menarik dalam foto kalian.

4. Buntul Rintis
instagram.com/ferdillananda

Wisata kota Takengon tidak akan lengkap bagi pemburu spot-spot foto instagramable, bila belum mengunjungi Buntul Rintis. Buntul Rintis terletak di wilayah Kecamatan Bebesen, Desa Tensaren. Destinasi tempat wisata di Takengon ini, memiliki beragam spot foto yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Mulai dari spot foto kupu-kupu, sepeda gantung, sangkar burung, pintu rumah sampai kincir angin. Sleain itu kamu juga bisa mencoba foto dengan sepeda gantung yang juga akan pacu adrenalinmu.

Wisata Takengon yang menjadi trend 2 tahun belakangan ini, merupakan tempat kaum milenial berkumpul. Selain menjadi ajang mengisi konten media sosial, pemandangan alamnya yang masih asri juga cukup jitu untuk menyegarkan pikiran.

5. Bur Lancuk Lereng
instagram.com/mona_rizkia95

Berwisata di Kota Takengon tidak lengkap bila tidak melihat keseluruhan ibu kota Aceh Tengah ini. Untuk itu, kunjungilah Bur Lancuk Lereng yang berada di ketinggian hampir 1.600 mdpl sehingga memungkinkanmu untuk menikmati keindahan panorama Kota Takengon dari ketinggian. Nggak cuma keindahan pemandangannya, udara sejuk nan menyegarkan juga akan memanjakanmu selama berada di objek wisata Takengon satu ini.

Tempat wisata Takengon yang ikonik di Bur Lancuk Lereng ini adalah sebuah tulisan megah dan besar yang bertuliskan ‘Love Gayo’ yang dibuat oleh masyarakat desa setempat yang kreatif. Desa ini terbukti telah membuat nama Bur Lancuk Lereng kian terkenal. Jadi, kalau kalian masih penasaran melihat bangunan-bangunan di kota Takengon dan keindahan danau, kalian dapat mengunjungi Bur Lancuk Lereng.

6. Dermaga Lukup Panalam
instagram.com/khairiwent

Untuk kalian yang hobi dengan berolahraga sambil melihat pemandangan, wisata Takengon satu ini bisa jadi pilihan destinasi yang tepat. Dermaga Lukup Panalan merupakan salah satu objek wisata kota Gayo, Aceh Tengah yang sempat vakum sementara waktu. Tetapi di akhir tahun 2017, tempat wisata ini kembali beroperasi dengan jogging track panjang yang sayang bila dilewatkan untuk olahraga kecil bersama keluarga. Para pemuda di desa ini telah berhasil menghidupkan wisata yang sempat vakum dan diapresiasi oleh pemerintah sekitar.

Disajikan dengan pemandangan hamparan perbukitan dan danau menjadikan liburan bersama keluarga di objek wisata satu ini menjadi lebih rileks dan menyenangkan. Jangan khawatir kalian pun bisa ber-selfie ria bersama keluarga di tempat ini, dijamin netizen kalian akan iri melihatnya.

7. Air Terjun Mengaya
instagram.com/minanurularafah

Untuk menguak sisi keindahan keseluruhan wisata kota Takengon, lengkapi liburanmu di Takengon dengan mengunjungi Air Terjun Mengaya. Objek wisata alam di Takengon ini terletak di Desa Mengaya, Kecamatan Bintan. Walaupun akses menuju destinasi wisata Takengon satu ini cukup menantang, panorama Air terjun Mengaya yang sangat menyegarkan tentu akan membuat perjalanan tersebut terbayarkan lunas.

Hamparan pepohonan yang rindang dipadupadankan dengan suara gemuruh air terjun, membuat suasana hati menjadi nyaman saat berada di objek wisata di Takengon satu ini. Menyebrangi aliran air, menghirup udara yang bersih dan burung yang berkicau menambah kesan alami yang membuatmu betah berlama-lama di tempat wisata Takengon ini.

Untuk kamu dan keluarga yang ingin kesini, sebaiknya persiapkan sepatu yang nyaman dan perbekalan yang cukup, karena untuk mencapai Air Terjun Mengaya kamu harus mendaki jalanan berbukit.[Artikel Sebelumnya]

SHARE
Previous articleKumpulan Pantun Gayo
Next articleNilai-Nilai Adat Berdasarkan Hukum Islam
Menyajikan konten Budaya, Wisata, Kuliner, dan Kearifan Lokal dataran tinggi Gayo dalam bentuk tulisan, foto dan video dengan tagline "Gayonese Documentary". Berdiri sejak 1 Mei 2016, dikelola sebagai wadah untuk mendokumentasikan serta melestarikan nilai-nilai dan keberagaman alam GAYO. Berbagi konten dengan: #GalleryGayo #GayoneseDocumentary #GalleryTravel #TravelDocumentary #IUIProduction #PublishedIlangUsingIjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here