Nilai-Nilai Adat Berdasarkan Hukum Islam

0
38
Ist.

Gayonese Documentary – Sistem budaya masyarakat Gayo bernilai spiritual dan berorientasi akhlâq al-karîmah. Nilai- nilai budaya ini membentuk pergaulan hidup bersama berlandaskan syariat Islam.

Tulisan ini bertujuan untuk menelaah dan mengangkat kembali nilai budaya Gayo yang dipandang relevan dengan ajaran Islam. Penulis menemukan bahwa nilai-nilai budaya Gayo; genap mupakat “syuro” (musyawarah), amanat (amanah), Tertib, Alang tulung beret bantu (salingtolong menolong”, Gemasih (kasih sayang), setie (setia), bersikemelen (berkompetisi)
memiliki nilai-nilai spiritual bagi masyarakat Gayo.

Sistem-sitem nilai tersebut menurut analisis penulis sejalan dengan ajaran Islam. Sinergisitas antara Islam dan nilai-nilai budaya Gayo pada akhirnya diharapkan mampu menyelesaikan kasus hukum yang terjadi pada masyarakat Gayo. Hal ini tentunya dapat terwujud jika ada upaya nyata untuk mengimplementasikan nilai-nilai budaya tersebut pada tataran praktis.

Selebihnya tentang Jurnal ini BACA DISINI

Penulis: Jamhir (Dosen Tetap Prodi Ilmu Hukum Pada Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

SHARE
Previous articleRekomendasi Wisata di Takengon Favorit
Menyajikan konten Budaya, Wisata, Kuliner, dan Kearifan Lokal dataran tinggi Gayo dalam bentuk tulisan, foto dan video dengan tagline "Gayonese Documentary". Berdiri sejak 1 Mei 2016, dikelola sebagai wadah untuk mendokumentasikan serta melestarikan nilai-nilai dan keberagaman alam GAYO. Berbagi konten dengan: #GalleryGayo #GayoneseDocumentary #GalleryTravel #TravelDocumentary #IUIProduction #PublishedIlangUsingIjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here