Khasiat  Tanaman Obat / Herbal dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh dalam Mengatasi COVID-19

0
78

Saat ini Indonesia sedang digegerkan menghadapi  wabah penyakit berupa virus corona yang menular dan telah memakan jutaan korban jiwa di dunia. World Health Organization (WHO) menamakan virus ini dengan sebutan Corona virus Disease 2019 (COVID-19) setelah dua bulan virus corona baru tersebut ditemukan. Virus corona pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan China pada bulan Desember tahun 2019 yang  lalu dan dalam waktu singkat penyebaran virus corona sudah menjangkau beberapa Negara di dunia dengan angka yang tinggi kematian yang fantastis setiap harinya. Hingga saat ini (28/4/2020), berdasarkan informasi resmi dari pemerintah secara global virus Corona sudah tersebar pada 213 negara dengan kasus terkonfirmasi 2.774.135 orang dan mencapai angka kematian 184.681 jiwa.Di Negara Indonesia yang terpapar positif virus mencapai 8.882 orang dan 1.042 orang sembuh serta meninggal mencapai angka 720 orang.

Penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang menular dengan cepat disebabkan oleh beberapa factor penyebaran yang menimbulkan korban terpapar melonjak tinggi pada setiap harinya. Beberapa diantaranya yaitu adanya kontak langsung dengan orang yang positif terinsfeksi COVID-19, melalui percikan atau tetesan kecil (droplet) yang dihasilkan saat batuk, bersin, bersalaman berhubunggan intim dengan orang lain atau berbicara dan bisa juga terjadi penyebaran setelah menyentuh benda tertentu seperti pakaian, lektop, hp, tas dan lain-lain yang sudah terkontaminasi virus kemudian menyentuh muka tanpa mencuci tangan terlebih dahulu yang menyebabkan masuknya virus kedalam tubuh. Virus Corona masuk kedalam tubuh manusia melalui beberapa bagian tubuh yaitu melalui mulut, hidung . Dalam sebuah eksperimental, virus dapat bertahan di permukaan hingga 72 jam (3 hari 3 malam).

Beberapa informasi menyebutkan bahwa orang yang sudah terpapar Corona sebagian tidak mengalami gejala akan tetapi sebagian besar menimbulkan gejala. Gejala yang ditimbulkan orang yang terinsfeksi virus bisa berupa demam tinggi,  batuk tinggi, batuk kering disertai dengan gangguan pada pernapasan (sesak nafas). Ciri-ciri batuk disebabkan virus Corona yaitu deman tinggi, batuk yang terus menerus selama lebih dari satu hari. Selain itu, Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan di Inggris menyebutkan bahwa gejala yang ditimbulkan oleh virus Corona berdasarkan informasi dari pasien yang terpapar yaitu hilangnya indera penciuman dan perasaan. Para ilmuan menyebutkan bahwa rata-rata gejala dari virus ini timbul setelah 5-6 hari, namun sebagian orang gejalanya lebih lambat. WHO menyebutkan bahwa masa inkubasi virus corona sampai sekitar 14 hari.

Untuk mencegah Virus Corona atau memutus rantai penyebaran COVID-19, WHO di dunia termasuk termasuk Indonesia menerapkan beberapa langkah-langkah pencegahan yaitu lockdown, Sosial Distancing, Isolasi dan karantina. Pemerintah juga menganjurkan agar selalu mencuci tangan, mencuci muka, tetap dirumah, menggunakan masker jika beraktivitas diluar rumah, meminimalisir kegiatan diluar ruangan dan melaksanakan segala aktivitas seperti bekerja, belajar dan beribadah dirumah dan jaga jararak dengan orang lain minimal 1 meter. Selain itu juga harus meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, pembatasan perjalanan, pemberlakuan jam malam dan penutupan tempat yang mengundang keramaian/Kerumunan dan lain sebagainya. Tentunya keberhasilan dari anjuran pemerintah ada pada semua orang, pemutusan rantai akan cepat jika masyarakat patuh dan taat akan perintah dan anjuran tersebut.

Dimasa pandemi ini sangat dianjurkan untuk mempertebal system imun dalam tubuh agar tidak mudah terserang segala penyakit terutama virus menular seperti corona. Menurut Immune Deficiency Foundation menyebutkan bahwa virus Covid-19 sangat mudah menyerang orang yang memiliki imunitas yang sangat rendah dan beresiko tinggi terinfeksi virus. Dalam menjaga ketahanan tubuh, ada beberapa tanaman herbal yang bisa dikonsumsi karena memiliki kandungan yang dapat meningkatkan imun dalam tubuh sebagai upaya dalam mencegah virus corona. Selain mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari tanaman ini juga terjangkau dan sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Jenis-jenis tanaman tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Daun Sirih

Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan zat antiseptiknya mampu melawan kuman penyebab sariawan.Lakukan perawatan rongga mulut dengan, mengunyah 1-3 lembar daun sirih hingga hancur di dalam mulut. Tunggu selama 10-15 menit sebelum dibuang, lakukan setidaknya 4x dalam sehari.sehingga dapat digunakan untuk menjadi penankal dalam mencegah covid -19

  1. Buah pinang

Manfaat  Buah pinang yang selanjutnya yaitu sebagai pencegah keluarnya darah yang berlebihan saat terluka. Buah ini akan dengan perlahan menghentikan darah yang keluar, sehingga Anda tidak akan kehabisan darah ketika terluka. Darah yang terlalu banyak keluar bisa menjadi serius ketika tubuh Anda tidak bisa mengendalikannya.

  1. Kayu Manis

Manfaat kayu manis untuk kesehatan berikutnya adalah membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalamnya memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Pada akhirnya, rempah ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit.

  1. Kunyit

Tanaman ini sering juga sering dijumpai sebagai pewarna makanan alami,Osbat sakit pingang,dan  Kandungan tanaman kunyit ini yaitu tingginya antioksidan dan kurkumin pada kunyit, sehingga dapat  digunakan untuk menjadi penankal dalam mencegah COVID-19.

  1. Jahe

Jahe pat melancarkan  antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

  1. Daun Kelor

Tanaman kelor biasanya digunakan untuk mengusir makhluk tak kasat mata, namun ternyata ada banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan. Hal ini dikuatkan dengan data yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dijelaskan bahwa khasiat daun kelor di antaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Apa yang menjadikan daun kelor bermanfaat adalah berbagai kandungannya yang begitu melimpah.

Selain jenis tanaman diatas masih banyak jenis tanaman lain yang berkhasiat dalam meningkatkan system imun tubuh. Untuk menjaga khasiat dari suatu tanaman herbal maka harus dilakukan pengolahan yang baik dan benar agar kandungan zat-zat aktif yang terkandung dalam tanaman tersebut tidak menurun ataupun hilang akibat pengolahan yang kurang tepat, sehingga tanaman tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh dalam mencegahatau menguranggi COVID-19.[]

Tulisan Warga:

Nama: Sulaiman
Email: sulaimanleoser@gmail.com
Alamat: Penosan Sepakat, Kec Blangjerago, Kab. Gayo Lues

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here