KEJAR Peluang Usaha saat Pandemi Corona 2020

0
187

Siapa sangka! Munculnya wabah virus corona menyebar begitu drastis ke seluruh negara. Dalam postingan liputan6.com, Indonesia menempati urutan ke 22 dari 26 negara yang terpapar. Presiden RI, Joko Widodo menetapkan Indonesia Status Darurat Covid-19 sejak 28 Januari 2020.

Usai keputusan tersebut, sejumlah sektor lini kehidupan turut mengkondisikan segala perihal untuk memutuskan penyebaran virus corona. Banyak karyawan harus dirumahkan, tanggungan sehari-hari meningkat, bahkan terjadinya badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh pengusaha kepada karyawan akibat lemahnya permintaan pasar, termasuk akibat berlaku kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tidak sedikit pula karyawan dan para pengais rezeki harus berubah haluan dalam melangsungkan hidupnya. Hal ini berdampak buruk terhadap kondisi ekonomi keluarga.

Lantas, tanpa memperpanjang permasalahan tentang kondisi ekonomi saat ini, pastinya keterpurukan tak mampu terbendung dengan keluhan dan alasan. Perlu adanya kemandirian yang harus tegak menopang untuk bangkit melihat peluang penghasilan ditengan kondisi pandemi saat ini yang belum diketahui kapan akan usai.

Untuk itu, berikut dijabarkan Peluang Usaha yang cocok dan aman untuk dijadikan bisnis selama wabah pandemi corona saat ini.

1. Menjadi Penulis

Untuk kamu yang memiliki bakat menulis, kamu bisa mencoba menulis untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Ada sejumlah situs yang menyediakan lowongan untuk para penulis lepas. Para penulis biasanya dituntut menulis artikel-artikel yang berkualitas sesuai dengan tema yang disepakati. Kamu bisa mendaftar di situs pekerja lepas seperti Sribulancer, Projects.co.id, dan masih banyak lainnya. Di situs tersebut, lowongan untuk penulis lepas hampir selalu ada setiap harinya.

2. Jasa Desain grafis

Tak hanya menulis, kamu juga bisa mengandalkan bakatmu dalam bidang desain grafis. Kamu bisa lho menjual jasamu seperti membuat karikatur, logo, template dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memasarkan jasamu itu melalui media sosial. Selain itu, kamu juga bisa melamar pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis di situs-situs seperti Sribulancer dan Projects.co.id.

3. Menjual Foto

Peluang bisnis satu ini jadi salah satu yang paling mudah dilakukan.Jika kamu hobi memotret banyak hal, kirimkan fotomu ke situs-situs seperti Shutterstock atau Getty Images. Sebelum mengunggah foto ke situs tersebut, pastikan kamu mendaftarkan akun terlebih dahulu. Biasanya perusahaan akan membeli stok foto melalui situs. Lalu, situs tersebut akan membayarmu.

4. Unggah Video Tutorial di YouTube

Peluang bisnis satu ini cukup menarik untuk dilakukan selama pandemi corona seperti saat ini. Selain dapat mengusir rasa bosan selama di rumah, peluang bisnis ini juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang lho. Kamu bisa mengunggah video tutorial apapun yang kamu kuasai. Pastikan kontenmu dibuat dengan baik dan menarik. Setelah itu, jangan lupa memonetisasi kanal YouTube-mu!

5. Menjual Masker

Bukan hal yang mengherankan jika masker jadi salah satu barang yang dibutuhkan selama pandemi corona. Banyak orang pun berbondong-bondong membeli masker, mulai dari masker N95 hingga masker kain. Hal ini bisa jadi peluang bisnis yang patut dicoba lho. Jika kamu punya keahlian menjahit, kamu bisa membuat masker kain dengan motif-motif yang menarik. Setelah itu, kamu bisa menjualnya secara online melalui media sosial.

6. Menjual Cemilan

Peluang bisnis makanan juga bisa kamu coba. Kamu dapat menjual berbagai jenis cemilan dan memasarkannya di media sosial. Tak perlu menyetok, kamu bisa menjadi reseller dari produsen cemilan. Pastikan cemilan yang kamu jual telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan ya.

7. Buat Podcast

Bagi kamu yang punya bakat berbicara, tampaknya membuat podcast jadi salah satu peluang bisnis yang bagus. Sebelum membuat podcast, ada baiknya kamu menentukan konsep yang ingin kamu usung. Setelah itu, kamu juga harus menentukan topik yang ingin kamu bahas di podcast-mu. Kamu bisa mengandalkan aplikasi Anchor untuk merekam dan mengunggah hasil podcast-mu. Selain itu, aplikasi Anchor ini juga bisa memonetisasi podcast-mu lho.

8. Menjual Pulsa

Kamu juga bisa menjual pulsa atau paket internet untuk menambah pundi-pundi uang. Tak perlu pusing mencari agen pulsa, kamu bisa mengandalkan e-commerce. Biasanya e-commerce menjual pulsa dengan harga yang sama. Kamu bisa mengambil keuntungan dengan meningkatkan harganya.

Tulisan ini dikutip dari (TribunStyle.com/Tiara Susma) . Tetap jaga prorokol kesehatan dan kejar peluang-peluang usaha selagi ada kesempatan. Belajar Mandiri dan Kreatif, Beranilah keluar dari zona nyaman. 

Published by: Riyanti Herlita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here