Bermula dari Hobi Hingga Menginspirasi

0
117
Dok. Penulis

Gayonese Documentary – Olahraga lari merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana dan murah, begitu ucap teman – teman yang biasanya rutin berlari beberapa tahun terkahir  ini. Alasan itulah yang membuat banyak orang memulai aktivitas olahraganya dari berlari karena bisa dimulai kapan saja dan dimana saja.

Seperti kita ketahui dua tahun terakhir pandemic Covid 19 telah membatasi banyak kegiatan sehingga banyak orang akhirnya memiliki  banyak waktu luang  karena dapat bekerja dari rumah, waktu yang biasanya dihabiskan untuk persiapan dan perjalanan menuju kantor akhirnya berubah menjadi waktu luang. Kemudian ditutupnya tempat wisata beberapa saat yang lalu membuat ruan gerak juga terbatas sehingga semua menjadi waktu luang.

Sejak dipulangkan dari Jepang pada April 2020 lalu karena peningkatan kasus covid, Saya yang sebelumnya sedang melakukan kegiatan pelatihan magang di Jepang akhirnya  banyak menghabiskan waktu di rumah meskipun masih ada kegiatan pelatihan yang sebagian besar dilakukan secara daring.

Hal inilah yang mendasari kemunculan hobi baru yaitu berolah raga, lebih tepatnya bersepeda. Selain karena trend, sangat mudah menemukan teman atau komunitas sepeda. Ya, semua orang sedang sibuk hidup sehat dan waras diantara situasi pandemi yang belum terlihat dimana ujungnya. Tapi bersepeda tak berlangsung lama, hanya sekitar 6 bulanan.

Terinspirasi dari postingan salah seorang di instagram yang membuat tentang video motivasi lari, Saya mulai melakukan olahraga lari yang lebih mudah dilakukan dibanding olahraga sepeda. Meskipun belum rutin, biasanya Saya berlari sekitar 3-4 kali perminggu.

Berkeliling lapangan, saling tebar senyum dan berujung sapaan, Saya akhirnya menemukan teman ketika berlari. Setelah berlari sesuai target masing-masing saya menyempatkan diri bertukar sapa dengan teman sehobi. Biasanya, sesi lari akan ditutup dengan berswafoto bersama untuk dibagikan ke media sosial. Harapannya sederhana, semoga setiap postingannya bisa memikat dan mengisporasi orang lain untuk memulai hidup sehat.

Pada satu waktu  Saya bertemudengan  Zikri yang merupakan kenalan sejak kuliah. Zikri  yang merupakan atlet sepeda dan  saat ini juga menjadi pelatih sepeda akhirnya di jejali banyak pertanyaan seputar olahraga dengan tujuan  memperbaki kualitas olahraga yang mulai rutin dilakukan. Akhirnya Zikri berinisiatif untuk mengadakan kelas olahraga kecil-kecilan. Setelah selesai berlari, biasanya olahraga yang dilakukan stretching, cardio dan strength untuk penguatan otot  sehingga dapat meningkatkan kualitas berlari.

Kenara  yang memang hobi mengambil foto dan video sesekali mengabadikan momen olahraga dan berswafoto bersama kelompok kami untuk dibagikan ke sosial media, ternyata kegiatan mengambil foto ini memiliki dampak bagus yang kemudian menginspiasi beberapa orang yang berada dipertemanan sosial media untuk bergabung dan memulai hidup sehat. Seperti sudah menjadi sebuah budaya akhirnya setiap selesai sesi latihan yang dilakukan bersama Zikri, mereka rutin berswafoto. Beberapa anggota lari yang baru berprofesi sebagai fotografer akhirnya selalu berinisiatif untuk menyusun formasi foto untuk hasil gambar yang maksimal

Hingga saat ini, aktivitas olahraga ini rutin dibagikan di sosial media masing-masing yang ikut olahraga, dan biasanya setiap minggu ada orang baru yang ikut bergabung, meskipun belum rutin tapi mereka mulai hadir setidaknya seminggu satu kali. Selain berlari di lapangan yang memang dikhususkan untuk aktivitas olahraga, sesekali Saya dan teman-teman berlari di pinggir danau Lut Tawar agar tidak bosan dan merasa jenuh dengan suasana lapangan olahraga, dilain waktu kami juga mencoba olahraga renang di tempat-tempat yang dirasa aman dan airnya dangkal.

Hingga saat ini setidaknya sudah ada 40-an orang yang pernah ikut dalam kegiatan olahraga ini dan sepertinya akan terus bertambah, anggota yang bergabung juga dari berbagai profesi  dan usia. Meskipun sudah menghimpun 40-an orang  namun setiap sore tidak selalu full yang hadir biasanya yang hadir 15- 20 orang. Rencananya, kami akan membuat komunitas berlari untuk menyebarkan semangat memulai hidup sehat kepada lebih banyak orang.

Mengutip salah satu ucapan dari video @edwarsuhadi  “olahraga bukan hukuman atas apa yang telah kita makan, tapi sebuah perayaan atas apa yang tubuh kita bisa lakukan” hal inilah yang menginspirasi Saya dan teman-teman untuk memulai hidup sehat dengan aktif bergerak secara rutin. Berada di situasi pandemi seperti ini rutin berolahraga juga menjadi sebuah upaya pencegahan terpapar berbagai penyakit secara umum dan covid 19 khsuusnya. Semoga kita semua sehat dan bahagia. [SUMBER]

Catatan: Rezka Kenara Bintang Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here