Beli Daging Kiloan Sebenarnya Bisa, Tapi Cara Ini Lebih Luar Biasa!

0
194
Published by Ilang Using Ijo

Gayonese Documentary, Gayo Lues – Beginilah kesibukan warga menjelang lebaran atau sering disebut “megang” di kampung Penosan Sepakat, Gayo Lues, Aceh.

Jika biasanya warga membeli daging kiloan di pasar untuk kebutuhan lebaran, tidak bagi warga disini. Masyarakat patungan membeli satu ekor kerbau atau sapi, yang kemudian disembelih bersama-sama dan dibagikan berdasarkan jumlah keluarga yang ada, pembagian biasanya dipandu oleh perangkat desa setempat.

Tradisi ini, sudah berlangsung lama, sejak saya kecil bahkan sering melihat proses ini. Biasanya dilakukan sehari sebelum hari lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha hampir semua di pelosok desa melaksanakannya.

Dimana dalam pembagian, semua bagian kerbau akan dibagi rata berdasarkan jumlah hitungan keluarga atau tumpuk (bagian). Kebersamaan dalam hal ini menjadi poin penting bagi masyarakat disana.

Berikut ini @iwanart.iui bercerita di Instagram saat mudik lebaran:

View this post on Instagram

Beginilah kesibukan warga menjelang lebaran atau sering disebut "megang" di kampung saya, Penosan Sepakat, Gayo Lues, Aceh. Jika biasanya warga membeli daging kiloan di pasar untuk kebutuhan lebaran, tidak bagi warga disini. Masyarakat patungan membeli satu ekor kerbau atau sapi, yang kemudian disembelih bersama-sama dan dibagikan berdasarkan jumlah keluarga yang ada, pembagian biasanya dipandu oleh perangkat desa setempat. Tradisi ini, sudah berlangsung lama, sejak saya kecil bahkan sering melihat proses ini. Biasanya dilakukan sehari sebelum hari lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha hampir semua di pelosok desa melaksanakannya. Dimana dalam pembagian, semua bagian kerbau akan dibagi rata berdasarkan jumlah hitungan keluarga atau tumpuk (bagian). Kebersamaan dalam hal ini menjadi poin penting bagi masyarakat disana. @ditjen_hubdat #CeritaSelamatMudik #CeritaSelamatMudikKontes

A post shared by Riska Iwantoni, S.I.Kom (@iwanart.iui) on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here