Apa itu Gerak dan Syair Saman? Ketahui Disini!

0
92

Gayonese Documentary, Gayo Lues – Ada dua Aspek kreativitas dalam Pertunjukan Saman Gayo Lues, yakni Gerak dan Syair. Para Pesaman, mencipta gerak dan syair dari pembelajaran mereka atas Alam dan lingkungan sehari-hari.

Workshop Gerak dan Syair Saman akan digelar di Blangkejeren, Pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2018. Sebagai bagian dari Rangkaian Festival Budaya Saman.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Budaya Saman 2018, dilaksanakan Workshop Gerak dan Syair Saman, yang diikuti oleh pelajar SMA/MAN di Gayo Lues. Workshop bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan Saman berdasarkan kaidah tradisional kepada generasi muda. Hadir sebagai instruktur, Dr. Radjab Bahri.

Pada hari pertama, para peserta dengan tekun mendengarkan uraian Dr. Radjab Bahri perihal sejarah, nilai budaya dan struktur pergelaran Saman Jalu, yang umum digelar dalam tradisi Bejamu Saman.

Dr. Radjab Bahri juga memberikan contoh-contoh pergelaran Saman, yang tidak sesuai kaidah tradisional Gayo Lues. Tanpa menolak adanya kreativitas baru, melalui workshop ditekankan pentingnya mengetahui terlebih dahulu kaidah dasar Saman, sebelum kemudian mengembangkannya. Agar, sembari kreativitas baru terus lahir, Saman tradisional tetap lestari.

Masuki hari kedua, para peserta memperagakan Saman yang mereka pelajari di kampung, sementara Dr. Radjab Bahri bersama dua orang pelatih Saman, memberikan komentar dan pembahasan atas praktik tersebut, untuk memperbaikinya sesuai struktur pergelaran Saman Jalu, yang umum digelar dalam tradisi Bejamu Saman.

Di akhir workshop, para peserta menampilkan Saman berdasarkan materi penyempurnaan syair dan gerak yang baru mereka dapatkan. Dengan keterampilan memainkan Saman berdasarkan kaidah dasarnya, para peserta diharapkan dapat menjadi Duta Saman di kampungnya masing-masing, yang dapat memperagakan Saman tradisional dengan tepat, dan selanjutnya juga dapat mengembangkannya dengan kreatif.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here