3 Destinasi Wisata Terpopuler di Dataran Tinggi Gayo Bener Meriah 2020

0
535
Instagram: @intandsy

Gayonese Documentary, Bener Meriah – Aceh memang punya sejuta potensi, baik dari segi industri, pertanian, dan juga pariwisata. Termasuk Kabupaten Bener Meriah, yang meskipun kurang disorot tetapi menyimpan banyak sekali potensi wisata yang harus segera digali dengan kearifan lokal yang ada di daerah tersebut.

Kabupaten paling muda di Aceh ini termasuk ke dalam wilayah yang dilewati Dataran Tinggi Gayo, sehingga seharusnya, punya banyak spot wisata menarik. Bener Meriah hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah, Berdasarkan undang- undang No. 41 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Aceh.

Selain sederet destinasi wisata yang ada di daerah ini, gallerygayo.com telah memilih 3 objek wisata yang paling diminati awal tahun 2020 ini dan terbilang viral di media sosial Instagram.

1. Burni Telong (@elly_lailyzuhrabadaruddin)

Berkunjung ke puncak burni telong yang berada di ketinggian 2600 mdpl pastinya memiliki sensasi dan kepuasan sendiri berada di puncak ini. Selain itu, ketinggian tempat ini juga terbilang sebuah ukuran yang sedang buat pendakian.

Salain keindahan yang bakal kaka dapatkan, di perjalanan kita juga akan menjumpai bunga edelwise yang super kece itu. Sementara kalau sudah di puncak, kita bisa menyaksikan awan yang mempesona. Boleh di kata, seakan-akan kaka sedang berada di negeri di atas awan yang sebenarnya.

2. Air Terjun Tansaran Bidin (@hadziq_wiguna)

Air Terjun Tansaran Bidin yang tak hanya menawarkan keindahan air terjun, tetapi juga panorama alam sekitar yang masih natural dan alami.

Secara geografis, letak Air Terjun Tansaran Bidin berada pada Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 35 kilometer atau dengan melakukan perjalanan selama satu jam dari Ibukota Kabupaten Bener Meriah.

3. Air Terjun Peteri Pintu (@stiawan_19)

Alamnya yang indah serta menyejukan mata ini dan dikelilingi dengan kebun kopi, membuat tempat ini menjadi incaran semua orang untuk berlibur.

Tidak hanya sampai disitu, dataran tinggi Gayo juga menyimpan banyak rahasia yang harus kita ketahui. Salah satunya ialah pesona Air Terjun Peteri Pintu.

Suasananya yang sejuk dan ditambah nyanyian burung membuat air terjun ini menjadi pilihan yang tepat untuk melepaskan penat.[*]

Baja Juga: 3 Tempat Wisata Terpopuler di Takengon Aceh Tengah Awal Tahun 2020

Referensi: www.wasatha.comwww.festivaljalanjalan.comwww.tempatwisata.pro

View this post on Instagram

Hawa yang sejuk, panorama alam yang menawan dengan segala keindahan semesta, Bener Meriah menjadi harmoni negeri seribu bukit. . Keberagaman, budaya dan kopi telah menyatukan kita untuk menikmati indahnya dataran tinggi Gayo dengan seluruh kemolekan pesona yang menawan hati dan mata. . Sejarah negeri ini juga berawal dari sini, tempat dimana Indonesia dikabarkan ke penjuru dunia. . Hamparan kebun kopi, gajah Sumatera, serta aneka atraksi akan membuat decak kagum akan keindahan negeri berselimut kabut ini dengan gemercik air terjun pastinya dengan secangkir kopi nikmat dari biji pilihan. . Selamat menikmati, inilah dia Harmoni Bener Meriah. — Cool air and charming natural scenery with all the beauty of the universe, Bener Meriah is a harmony of a thousand hill country. . Diversity, culture and coffee have united us to enjoy the beauty of the Gayo highlands with all the charm that captivates heart and eyes. . The history of this country also starts here, a place where Indonesia is reported to the entire world. . The coffee gardens, Sumatran elephants, as well as various attractions which will make us amazed for the beauty of this fog-covered country with splashing waterfalls, and of course with a cup of delicious coffee from selected beans. . This is the Harmony of Bener Meriah. Enjoy! . — Aceh as World's Best Halal Cultural Destination 2016 #thelightofaceh #cahayaaceh #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #acehhalaltourism #gayo  #benermeriah #benermeriahtourism 📷 by @official.disparbenermeriah

A post shared by Wisata Aceh (@wisataaceh) on

10 Tempat Wisata di Bener Meriah (wisataterbaru.net)

Ada sekian varietas tempat wisata yang bisa kaka sambangi di kota ini. Di antaranya ada wisata alam yang merupakan andalannya, ada wisata religi, wisata edukasi dan bahkan wisata kuliner.

Untuk lebih detailnya min akan kupas satu persatu ya, semoga kaka suka dengan informasi yang min sajikan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

1. Air Terjun Reje Ilang

air terjun di bener meriah

Air Terjun Reje Ilang

Wisata alam yang cukup eksotis ini terletak di desa Meriah Jaya. Letak persisnya kira-kira 1 km dari desa ini.

Meskipun dibutuhkan effort yang besar untuk menjangkaunya, karena lokasinya cukup menantang, tetapi semua itu akan terbayarkan tatkala kaka melihat keindahan air terjun ini.

Ditambah lagi suasana alam di sekitarnya bikin kita merasakan plong. Beneran loh, pepohonan yang hijau, suara kicau burung, udara yang sejuk, semua itu bisa menghilangkan kepenatan pikiran kita.

Jadi, bagi kaka yang mau ke sini silahkan kunjungi desa Meriah Jaya, Timang Gajah, Bener Meriah.

  • Harga Tiket Masuk : –
  • Fasilitas : Belum ada
  • Kelebihan : Suasananya yang tentram dan indah

2. Air Terjun Tansaran Bidin

air terjun di bener meriah

Air Terjun Tansaran Bidin

Selain Reje Ilang, kaka juga bisa kunjungi tempat kece air terjun Tansaran Bidin ini. Beneran loh ka, tempat ini kece banget, super indah dan super mengagumkan.

Meskipun belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat, sehingga fasilitas pun belum memadai, tetapi air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini bisa jadi alternatif buat liburan kaka tahun ini.

Tentu saja, karena lokasinya di tengah hutan maka kaka harus mempersiapkan fisik untuk mengunjunginya.

Di samping itu, ketiadaan fasilitas umum juga membuat kaka harus menyiapkan sendiri segala kebutuhan seperti minum, makanan dan sejenisnya.

  • HTM : –
  • Fasilitas umum : –
  • Alamat : Desa Wonosari, Bandar, Bener Meriah, Aceh
  • Kelebihan : Air terjun mencapai ketinggian 50 meter

3. Air Terjun Bintang Musara

wisata alam bener meriah

Air Terjun Bintang Musara

Kalau air terjun yang satu ini terbilang masih baru dikenal warga. Letaknya berada di Bintang Musara Kec. Bandar.

Meski demikian, tempat wisata alam ini cukup recommended buat kaka kunjungi.

Pasalnya air terjun ini memiliki pemandangan yang asri, sungai yang masih alami dan airnya masih bening dan dingin.

So, selama di sini kaka bisa bermain-main dengan air bening ini sembari nyantuy di atas bebatuan.

Hanya saja perlu kaka tahu, karena terbilang masih baru maka tempat wisata ini belum dilengkapi dengan fasilitas umum termasuk tempat makan dan sebagainya.

Jadi ketika kaka kemari, kaka harus mempersiapkan sendiri kebutuhan-kebutuhan kaka. Jangan sampai ke sampe di sini kaka nggak bawa makanan sama sekali. Kan repot..

  • HTM : –
  • Fasilitas : –
  • Alamat : Bintang Musara, Kec. Bandar, Bener Meriah, Aceh
  • Kelebihan : Air terjun yang asri

4. Air Panas Wih Pesam

pemandian bener meriah

Air Panas Wih Pesam

Kalau bosan dengan wisata air terjun yang airnya dingin, sekarang kaka bisa beralih ke tempat wisata air panas.

Di kabupaten Bener Meriah sendiri ada sejumlah tempat pemandian air panas termasuk Wih Pesam ini.

Ketika kaka mandi di sini min yakin tubuh kaka akan terasa hangat dan fresh. Dengan lokasi yang berada di ketinggian 1500 mdpl, suasana udara di sini cukup fresh buat kaka.

  • HTM : –
  • Fasilitas : Toilet dan tempat ganti pakaian
  • Alamat : Simpang Balik Kabupaten Bener Meriah
  • Kelebihan : Air kolam hangat

5. Pemandian Air Panas Bandar Lampahan

wisata bener meriah

Air Panas Bandar Lampahan

Selain di Wih Pesam, kaka juga bisa mandi air hangat di kolam Bandar Lampahan. Di sini banyak wisatawan yang berendam santuy selama berjam-jam.

Dengan ukuran kolam yang cukup luas, Bandar Lampahan termasuk tempat wisata yang sangat positif buat kesehatan kaka.

  • HTM : –
  • Fasilitas : toilet, sewa ban untuk berenang
  • Alamat : Bandar Lampahan, Kec. Timang Gajah, Bener Meriah
  • Kelebihan : Sudah dikelola dengan baik sehingga memiliki daya tarik di kalangan wisatawan terutama hari sabtu dan minggu.

6. Arung Jeram Samar Kilang

rafting di bener meriah

Arung Jeram Sarmar Kilang

untuk wisata ekstreme yang bisa menguras adrenalin, kaka bisa coba arung jeram di sungai yang satu ini.

Meskipun terbilang wisata baru, tetapi tempat ini mendapat perhatian serius sehingga memikat banyak travelers untuk mencoba tantangan ini.

Dengan arus sungai yang cukup heroik, kegiatan arung jeram di sini menjadi favorit. Terlebih lagi jika kaka melakukannya bersama teman-teman, uuuh bisa jadi kenangan terindah yang tak terlupakan.

Selain itu, kaka juga bisa menikmati pemandangan sekitar selama menyusuri sungai. Udara yang sejuk dan pepohonan yang hijau akan memanjakan mata kaka selama di sini.

  • HTM : –
  • Alamat : Kampung Samar Kilang Kab. Bener Meriah
  • Kelebihan : Air sungai yang asri dan arus yang deras

7. Makam Datu Beru

wisata sejarah di bener meriah

Makam Datu Beru

Seperti yang min katakan di atas, selain berwisata alam kaka juga bisa mengunjungi tempat wisata sejarah selama di kota Bener Meriah. Salah satunya adalah makam Datu Beru.

Siapa Datu Beru?

yang jelas beliau adalah tokoh yang memiliki pengaruh di daratan Gayo.

Tentu saja kalau berkunjung ke sini kaka bukan hanya dapat informasi kesejarahan tetapi juga bisa berziarah dengan memanjatkan doa-doa tertentu untuk beliau.

  • Alamat : Desa Tunyang, Kec . Timang Gajah, Bener Meriah, Aceh

8. Danau Lut Kucak

wisata alam bener meriah aceh

Danau Lut Kucak

Danau yang satu ini cukup kece buat kaka kunjungi juga. Pasalnya pemandangan alam di sekitar danau cukup eksotis. Lut Kucak sendiri artinya laut kecil.

Meski danau ini tidak terlalu dirawat dengan baik, tetapi tidak ada salahnya kalau kaka ingin nyoba bersantuy-santuy di sekitar danau.

Siapa tahu dengan melihat ketenangan air, perasaan kaka juga yang lagi galau ini bisa jadi tenang. wkwkwkwk

  • Alamat : Takengon, Bener Meriah

9. Puncak Burni Telong

negeri di atas awan di aceh

Puncak Burni Telong

Kalau kaka termasuk penggemar pendakian, cobalah berkunjung ke puncak burni telong ini. Ketinggiannya mencapai 2600 mdpl. ukuran yang sedang buat pendakian.

Salain keindahan yang bakal kaka dapatkan, di perjalanan juga kaka akan berjumlah dengan bunga edelwise yang super kece itu.

Sementara kalau sudah di puncak, kaka bisa menyaksikan awan yang mempesona. Boleh di kata, seakan-akan kaka sedang berada di negeri di atas awan loh.

  • Alamat : Gayo Takengon, Bener Meriah, Aceh.

10. Tugu Radio Rimba

wisata sejarah bener meriah

Tugu Radio Rimba

Tempat wisata terakhir adalah wisata sejarah Tugu Radio Rimba. Secara historis, dulu radio ini merupakan sarana informasi yang menegaskan keberadaan Indonesia setelah diklaim tidak ada oleh penjajah.

Karena itu, untuk mengenang jasanya sebaiknya kaka kunjungi tugu ini. Selain mengenang sejarah, kaka juga bisa mendapatkan pemandangan yang indah di sekitarnya.

Demikian kesepuluh destinasi wisata di Bener Meriah yang bisa min sharingkan. Semoga bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here