Mengembalikan Tata Ruang Leuser dalam Adat Orang Gayo

0
152

Ara Jehmen Kati Ara Besilo (ada zaman, baru ada sekarang) 

Adalah sebuah pepatah dalam Suku Gayo. Ini adalah salah satu bukti bahwa orang Gayo mempunyai tradisi danperadaban yang tinggi dari zaman dahulu dan masih dipertahankan sampai sekarang. Di dalam adat suku Gayo, ada beberapa aturan mengenai pemanfaatan hutan belantara untuk kehidupan bermasyarakat.

Jauh sebelum isu Global Warming dan tentang emisi gas rumah kaca yang mengancam keberlangsungan kehidupan umat manusia. Nenek moyang suku Gayo telah memikirkan cara pengunaan hutan yang baik demi kehidupan umat manusia. Dalam adat orang Gayo pula, hutan di bagi dalam beberapa bagian dengan sebutan, Blang Penjemuren, Blang Perutemen, Blang Perueren, Blang Perempusen, dan Aih Aunen, sebuah kearipan lokal yang mampu menjaga dan melestarikan hutan sumber kehidupan.

Blang Penjemuren yang berarti sebuah tempat untuk menjemur padi sebelum dijadikan beras, Tempat ini ada secara khusus bagi kaum wanita untuk menjemur padi, biasanya padi di jemur baramai-ramai dari beberapa rumah tangga yang hanya di jaga dua gadis agar tidak digangu binatang. Karena di dalam adat orang Gayo ada istilah “anak ku anak mu”yang berarti perkumpulan anak gadis dan pemuda satu kampung adalah milik bersama dalam mengunakan tenaganya, sebagai wujud rasa persaudaraan kampung suku Gayo. Selengkapnya klik DISINI!

SHARE
Previous articleWisata Sehat di Pemandian Air Panas Gayo Lues
Next articleSpektakuler! Segera Pagelaran Tari Saman Gayo dengan 10001 Penari
Menyajikan konten Budaya, Wisata, Kuliner, dan Kearifan Lokal dataran tinggi Gayo dalam bentuk tulisan, foto dan video dengan tagline "Gayonese Documentary". Berdiri sejak 1 Mei 2016, dikelola sebagai wadah untuk mendokumentasikan serta melestarikan nilai-nilai dan keberagaman alam GAYO. Berbagi konten dengan: #GalleryGayo #GayoneseDocumentary #GalleryTravel #TravelDocumentary #IUIProduction #PublishedIlangUsingIjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here